Saturday, October 15, 2005
Type gambar yang diperlukan oleh seorang 3D Artist
Kemampuan menggambar sangat penting utk dimiliki oleh seorang 3D Artist. Satu2x bidang 3D yang tidak membutuhkan kemampuan menggambar mungkin hanya Technical Director atau Programmer saja.

Pertanyaan yang sering diajukan orang ke gw adalah : Saya tidak bisa menggambar. Mungkinkah saya menjadi 3D Artist. Jawaban gw adalah “bisa”. Namun sejalan dengan mempelajari skill teknis dalam bidang 3D tentu saja kita harus terus menerus berlatih menggambar. Jujur saja, gw sendiri mulai agak telat belajar menggambar. Sebagai seorang yang terdidik dalam bidang arsitektur tentu saja gw mempunyai kemampuan dalam menggambar object arsitektur, namun kalau menggambar character atau orang sampe sekarang pun gw masih bermasalah. Tapi no problem lah...namanya orang berusaha pasti akan bagus juga. Makanya gw pengen nyemangatin semua orang utk terus berusaha menggambar. Itung2x belajar bareng gitu :P

Apakah gambar kita sebagai 3D Artist harus bagus? Gak juga. Setiap bidang dari 3D memerlukan type gambar yang berbeda, tergantung dari kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh masing-masing bidang tersebut.

Character Modeler :
Merekalah salah satu yang paling memerlukan kemampuan gambar terbaik. Kalau mungkin ditambah kemampuan mendesain character. Dibandingkan bidang lainnya seorang character modeler harus mati-matian belajar menggambar. Character modeler juga dituntut menguasai anatomy dan facial expression. Selain itu kemampuan membuat patung tentu saja akan menjadi nilai tambah yang sangat penting.

Character Animator :
Tidak dibutuhkan kemampuan menggambar objek yang mirip dengan aslinya. Juga tidak memerlukan kemampuan mendesain character. Yang dibutuhkan adalah kemampuan menggambar pose character dalam bentuk “human blok”. Yang penting dari proses gambar disini adalah membiasakan diri utk menghasilkan pose berurutan dari sebuah gerakan (keyframe).

Environment Artist :
Gambar yang dibutuhkan mirip sekali dengan profesi arsitektur. Seorang Environment Artist harus mengerti dasar perspektif dan mengetahui bagian-bagian bangunan. Ada baiknya anda membaca buku Architecture: Form, Space & Order karya Francis DK Ching.

Lighting Artist :
Diperlukan kemampuan utk mengontrol cahaya. Selain menggambar ada baiknya juga mempelajari painting (melukis). Seorang Ligthing artist juga disarankan utk mempelajari photography karena kemampuan lighting dalam photography lebih diperlukan daripada pengetahuan software 3D.

Texture Artist :
Bidang ini termasuk yang paling tinggi tuntutan kemampuan menggambarnya. Selain menggambar juga dituntut kemampuan melukis (sculpting). Seorang Texture Artist dituntut mampu melakukan image manipulation dan juga digital painting dengan program seperti Photoshop atau GIMP.

Character TD :
Character TD diharuskan mengerti anatomy terutama pada proses deformation setup. Bisa saja dia tidak bisa mengambar. Tetapi ada baiknya mempelajari anatomy dan salah satu cara terbaiknya adalah dengan membuat sketsa gambar berdasarkan buku2x anatomy.

Pada tulisan selanjutnya akan dibahas mengenai pelajaran awal menggambar. Jangan lupa utk menyimak semua artikel berikutnya.


stats count
 
posted by Adez at 1:45 PM | Permalink |