Tuesday, October 25, 2005
Pelajaran Menggambar VI : ARSIR
Tujuan dari Arsir adalah menciptakan kesan 3 Dimensi pada satu gambar.

Kalau ingat waktu sekolah dulu mungkin cara yang diajarkan untuk “mengarsir” adalah dengan digosok. Cara tersebut tidak tepat karena sifat terbaik dari pensil adalah “garis”. Jadi cara terbaik membuat arsiran adalah dengan membuat arsiran berupa garis-garis yang hampir sejajar. Jika kita ingin membuat arsiran yang “lebih gelap” maka caranya adalah “menumpuk” arsiran tersebut dengan arsiran lain dengan arah pensil yang berbeda.



Arsiran digosok (kurang tepat)






Arsiran dengan garis (lebih cocok dengan characteristik pensil)





Salah satu cara yang sering digunakan utk membuat arsiran adalah dengan membuat bentuk-bentuk sederhana seperti : bola, kubus,silinder, dan kerucut.
Buatlah bentuk-bentuk ini berkali-kali hingga arsiran anda mulai terlihat “indah”.

Dengan menguasai dasar arsiran maka anda akan lebih mudah membuat bentuk-bentuk lainnya..termasuk character / human.Pada dasarnya bentuk yang paling rumit sekalipun bisa disederhanakan menjadi bentuk2x dasar.

Setelah lancar dengan bentuk dasar, silakan dilanjutkan dengan menggambar dari photo.
Ibarat orang belajar maka latihan yang gw berikan setara dengan TAMAN KANAK-KANAK, yaitu membiasakan diri menggambar dengan insting. Dengan menguasai seluruh latihan ini maka elo dapat mulai berlatih masuk ke SEKOLAH DASAR. Pada tahap sekolah dasar ini akan lebih baik kalau elo melihat link2x yang bakal gw berikan atau dari buku2x yang bakal gw rekomendasikan.

Pada tahap inilah buku2x mulai berguna. Jadi dasar2x anatomy, proporsi wajah dan tubuh serta teknik lainnya sudah bisa dilihat dari buku. Terus terang gw sendiri bukan ahlinya. Jadi belum berani deh bikin tutorial model gitu hehehe...


stats count
 
posted by Adez at 6:51 PM | Permalink |