Thursday, January 12, 2006
WARUNG CG
Untuk mewadahi komunitas CG Indonesia utk berinteraksi langsung satu dengan lainnya gw mendirikan komunitas baru yang bernama WARUNG CG. Komunitas ini berdiri dengan tidak sengaja, tanpa ada rencana. Awalnya bermula dari kontak2x yang ada di Yahoo Messanger List gw selama masa pencarian tenaga artist utk di batam yang jumlahnya ratusan. Hampir setiap hari kita nongkrong bersama utk bicara banyak hal, lama2x muncul ide utk namain komunitas ini “Warung” karena di ruang maya ini kita bisa datang, nongkrong dan berbagi cerita bersama. "Warung" ini berada di ruang komunitas Yahoo Messanger Conference dan anggota hanya bisa masuk dengan undangan dari moderator atau anggota lainnya.

Akhirnya beberapa rekan bersedia membantu menjadi moderator : Ari (mesh1000), Oki (blue_brainsid), sihol (c2moranx) dan stanley (stanleydarmawan).

Anggota Warung CG sendiri terbagi atas 2 kelompok besar :
  1. Animator profesional yang telah bekerja di bidang animasi : biasanya berbicara ttg masalah karir, industri, lowongan pekerjaan, cari tempat kerja baru kalo di tempat lama udah bosen, curhat kalau ada masalah di kantor, tanya2x gaji, cita2x jangka panjang, masa depan dll
  2. Calon cg artis dan penggemar animasi yang baru belajar atau ingin masuk ke dunia animasi. Topik yang dibahas biasanya berkaitan dengan teknik dasar cg animation, software yang digunakan, tutorial yang bagus, dan ngebahas masalah yang dihadapi ketika belajar, curhat2x kesulitan teknis dan saling tukar ilmu berkaitan dengan hardware dan software
Setelah komunitas ini berjalan cukup lama ternyata gap antara kedua audiense tersebut terasa terlalu besar.

Para 3d artist profesional tidak ingin terlalu banyak bicara teknis karena bosan menghadapi masalah teknis setiap hari di kantor. Mereka ingin santai...becanda...becanda...curhat dan bicara masa depan. Secara umum mereka ingin forum mengalir saja tanpa ada topik yang mengikat.

Di lain sisi para pemula merasa pembicaraan sering tidak terarah dan kadang2x merasa bingung dengan istilah teknis yang sering muncul tanpa penjelasan. Berlawanan dengan para profesional mereka ingin membahas topik2x spesifik dan membahas hal2x teknis secara lebih serius. Ada tuntutan dari rekan-rekan muda bagi para seniornya utk membuat tutorial dalam bahasa indonesia. Sayangnya tuntutan ini sulit dipenuhi karena keterbatasan waktu para profesional.

Setelah berembug antara semua moderator akhir diputuskan Warung hanya akan buka seminggu 2 kali saja dengan ketentuan seperti ini :
  1. Senin -> Warung CG : Diperuntukkan untuk para profesional. Topik lebih banyak berkaitan dengan industri dan karir. Topik tidak terlalu mengikat dan boleh2x aja bicara santai tidak berkaitan langsung dengan CG.
  2. Kamis -> Sekolah CG : Diperuntukkan utk para pemula. Akan ada topik khusus dan soal2x yang bisa dibahas bersama. Soal ini tidak harus dikerjakan (kalau ada yang mau mengerjakan soal tersebut silakan saja) karena dimaksudkan utk memancing diskusi yang hangat antara para pemula di bidang animasi. Saya akan memberikan link tutorial dalam blog saya bagi para pemula utk dipelajari dahulu...dan soal akan diberikan pada blog yang sama. Pada hari kamis akan dilakukan pembahasan berkaitan dengan tutorial yang sama.
Waktu buka tetap jam 3 sore seperti biasa. Semua anggota tetap boleh mengikuti semua topik di kedua hari tersebut, hanya saja fokusnya akan berbeda. Mudah2xan WARUNG dan SEKOLAH kita bisa berjalan dengan lancar.

Utk para pemula silakan check blog saya setiap hari senin utk melihat link tutorial dan melihat soal yang akan dibahas utk hari kamisnya
 
posted by Adez at 10:36 AM | Permalink |


0 Comments: