Wednesday, March 15, 2006
COMFORT ZONE
Sebagai orang yang melakukan recruitment utk Frameworks gue sreing merasakan kesulitan utk membujuk temen2x CG Artist bekerja di batam. Setelah ngobrol2x gw lihat hambatan terbesar mereka adalah kesulitan meninggalkan COMFORT ZONE yang telah mereka miliki.

COMFORT ZONE terdiri dari beberapa element :
1.Saudara
2.Teman dekat & Sahabat.
3.Kekasih/pacar/anak
4.Lingkungan.

Menyadari hal tersebut, begitu tiba di batam gw langsung mencoba menciptakan COMFORT ZONE gw sendiri. Yang pertama gw lakukan adalah mencari teman sebanyak mungkin. Hari ke tiga gw kerja di Frameworks gw melakukan sesuatu yang kocak. Di tengah2x kantin perusahaan yang dipenuhi sekitar 20-30 orang gw tiba2x berdiri dan berteriak “Halo semua, nama saya Adez, saya kerja di frameworks dan mau kenalan dengan anda semua”. Awalnya sih orang2x pada bengong dulu karena kaget, namun dengan segera mereka mengerumuni gw dan mengenalkan diri mereka masing-masing. Dalam sekejab gw mendapatkan teman2x baru yang berjumlah banyak.

Gw juga berusaha mengucapkan “Hai” ke semua orang, baik gw kenal atau tidak di lingkungan kerja gw. Bahkan gw mencoba memperluasnya ke semua tempat. Kalau ketemu orang di mall yang kelihatan friendly gw langsung ajak kenalan. Alhasil dalam waktu sebulan aja teman2x gw udah bertambah ratusan di Batam.

Kalau temen udah banyak, tentu akan ada beberapa puluh orang yang bisa jadi sahabat, dan 2-3 orang yang bisa dijadikan “saudara”. Dengan segera kita bisa membentuk 2 hal dari COMFORT ZONE yang membuat kita betah tinggal di tempat baru.

Buat elo2x yang masih jomblo. Gak ada salahnya juga kenalan dengan teman berlainan jenis. Beberapa dari mereka mungkin bisa didekati dan bisa menjadi “kekasih”..berarti COMFORT ZONE kita bertambah lagi.

Terakhir..ya gw usahakan menjelajahi batam sebisa mungkin. Gw akan minta tolong temen2x baru gw utk menunjukkan tempat2x baru yang belum pernah gw kunjungi. Dengan segera kita akan segera akrab dengan lingkungan kita.

Cara2x diatas juga gw lakukan di Malaysia dan Singapore. Sampai temen2x malaysia dan singapore gw komentar..kok bisa2xnya elo yang baru di sini punya temen lebih banyak dari gw yang orang asli sini. Gw sih cuma menerangkan kalau sebagai “pendatang” gw cuma berusaha membentuk COMFORT ZONE gw sebisa mungkin sehingga gw nggak terlalu mengalami HOMESICK.

Buat gw sih kesimpulannya adalah gak sulit kok bagi kita utk merantau ke tempat2x jauh seperti BATAM atau bahkan luar negeri sekalipun. Kalau kita terbuka ke pada orang lain, orang lain pun akan terbuka kepada kita.
 
posted by Adez at 9:29 AM | Permalink |


0 Comments: