Friday, November 18, 2005
Gimana Cara Belajar Animasi sendirian?
Oke...sebelumnya gw udah sempet ngomong kalau cara terbaik belajar animasi adalah dengan belajar di sekolah. Namun banyak juga alasan yang bikin kita jadi susah sekolah, seperti gak ada biaya, atau kita tinggal di daerah sementara hampir semua sekolah animasi ada di jakarta. Mungkin kita juga lagi sibuk bekerja sehingga gak mungkin sekolah full time, dan yang paling umum MALES aja sekolah...karena lebih suka belajar sendiri.

Mungkin gak sih?

Untungnya selalu ada cara belajar sendiri di rumah. Dan sekarang ada cara mudah utk belajar sendiri.
Seperti tulisan sebelumnya dalam mencapai suatu tujuan kita memerlukan beberapa hal:
  1. Niat & Observasi (kalau gak niat mana bisa sampe ke tujuan?)
  2. Infrastruktur (Jalan) - Sofware & Hardware
  3. Peta - Tutorial
  4. Teman seperjalanan - Komunitas

NIAT dan OBSERVASI

Elo suka nonton film atau main game? Kalau gak suka skip aja tulisan ini dan gak usah repot membaca blog ini sama sekali. Biasanya seorang 3D Artist memulai dari suka nonton dan main game..dari situlah muncul NIAT bukan cuma nonton atau main..melainkan membuat FILM atau Game itu sendiri.

Oke...Niat sudah ada...terus? Gak akan bosen-bosen gw katakan bahwa sebelum menjadi seorang CG (Computer graphics) Artist atau 3D Artist, modal yang paling kita perlukan adalah OBSERVASI. Komputer adalah sekedar alat saja...dan metode observasi terbaik adalah MENGGAMBAR...menggambar dan menggambar....jadi sebelum pusing mikirin software...biasakan dulu MENGGAMBAR SETIAP HARI

BUAT MINIMAL SATU GAMBAR SETIAP HARI...gak peduli lagi mood atau nggak. Nggak peduli hasilnya bagus atau jelek...TITIK.

Utk memperkaya wawasan di bidang artnya sendiri. Elo perlu melakukan beberapa hal :
  • Nonton habis semua film animasi & Visual Effect yang ada.
  • Pelajari berbagai drawing & Painting
  • Beli buku2x ttg art dan sering2x main ke museum
  • Sering2x jalan dan melihat berbagai tempat baru utk mendapatkan ide

SOFTWARE & HARDWARE

Oke untuk belajar kita tentu memerlukan komputer dan software. Utk komputer sesuaikan dengan kantong kita. Setidaknya modal yang kita perlukan antara 5-10 juta rupiah.

Untuk komputer yang kita perlukan adalah PC. Lupakan SGI atau Mac.
Specnya kira2x :
  1. Pentium 4 – cari aja yang paling cepet yang ada di pasaran
  2. Memory minimal 1 GB (kalau terpaksa 512 juga boleh lah)
  3. Graphic card yang cepet & Monitor yang bagus
  4. CD/DVD Writer..data kita bakal gede dan banyak jadi bakalan perlu sekali.
  5. Harddisk yang gede utk storing data...film..game dan bokep :P
Untuk Software...gw cuma akan rekomendasiin satu aja...MAYA
Kenapa? Karena akan berkaitan dengan metode pengajaran yang akan kita tempuh di bawah ini.


VIDEO TUTORIAL

Kalau sekolah kita akan butuh guru bukan? Sedangkan kalau belajar sendiri, gak ada lagi cara yang lebih baik daripada belajar dengan menggunakan video tutorial. Buku2x dan artikel memang akan membantu...tapi video tutorial jauh lebih efektif.

Utk ini gw akan rekomendasiin satu hal yaitu GNOMON Workshop.
Pertama-tama coba masuk ke website mereka www.thegnomonworkshop.com dan mulai catat2x judul2x yang mereka tawarkan. Tutorial yang mereka buat adalah yang terlengkap di dunia dan cara pengajarannya asyik banget. Makanya gw rekomendasiin menggunakan software MAYA hanya karena Tutorial GNOMON yang paling lengkap adalah tutorial MAYA. Oh ya selain Gnomon juga ada tutorial maya lainnya dari Digital Tutor atau dari maya Techniques.

Setelah dapet judul2xnya. Buat yang di jakarta silahkan aja pergi ke Mangga Dua Mall. Dan cari CD bajakannya di sana.(God, I love Mangga Dua!) .Ada sekitar 30 judul yang bisa elo beli. Dengan harga 25 ribu per CD maka paling nggak elo harus menyiapkan duit 500-600 ribu kalau mau beli semuanya sekaligus. Kok mahal..gak apa2x...gw jamin elo gak akan menyesal!

Sampe di rumah tonton dulu per CD sampe abis sebelum mulai mengulang sambil mempraktekkan materi yang diajarkan. Judul2x Tutorial yang gw rekomendasikan akan gw tulis pada tulisan terpisah.

KOMUNITAS

Gak asyik banget kalau kita pergi ke satu tujuan tanpa teman. Nah teman ini elo bisa cari di komunitas online macem www.indocg.com atau milis-milis Animator Forum dan Indo3D. Di Indocg elo bisa kenal2xan sama orang2x yang juga sama antusiasnya dengan elo dalam belajar. Yang lebih enaknya adalah banyak karya-karya yang bisa di posting di sana. Jadi kita bisa membandingkan karya kita dengan karya orang lain dan juga bisa minta masukan dari rekan-rekan komunitas yang lain.

Utk mendaftar di milis Animator Forum silakan aja kirim email kosong ke alamat berikut:
  • af-jakarta-subscribe@yahoogroups.com
  • af-bandung-subscribe@yahoogroups.com
  • af-yogya-subscribe@yahoogroups.com
  • af-surabaya-subscribe@yahoogroups.com
  • af-medan-subscribe@yahoogroups.com
  • af-kepri-subscribe@yahoogroups.com

Animator Forum sendiri awalnya di rancang utk menjadi ajang COPY DARAT buat para animator. Jadi kita bisa ketemu langsung di darat. Sayangnya akhir-akhir ini kegiatan copy daratnya udah melempem akibat para pengurusnya udah sibuk berat. Mudah2x akan ada generasi baru yang menggantikan sehingga kegiatan copy darat bisa terus berjalan.

Apakah anda bersedia membantu? Kalau iya silakan aja kontak saya di adez3d@yahoo.com
 
posted by Adez at 2:10 PM | Permalink |