Tuesday, August 15, 2006
Character Animator Rekruitment
Gw sempet bingung, kenapa kayaknya cari character animator yang bagus utk kerja di frameworks batam (atau secara umum di Indonesia) itu susah banget. Setelah ngobrol2x dengan banyak orang ternyata gw menyadari 2 hal yang menjadi hambatan bagi orang utk mengirimkan karya mereka.
  1. Tidak tahu walkcycle, runcycle dan short animation bentuk dan formatnya seperti apa.
  2. Tidak tahu bahwa ada proses PERBAIKAN dan COACHING jika karya yang dikirimkan belum bagus. Jadi karena merasa karya belum bagus ya tidak dikirimkan aja (nanti tidak diterima- mungkin begitu pikiran rekan2x)
  3. Membuat model dan rig sendiri. Padahal model dan rig sudah disediakan dan tinggal di download di bawah ini:
Bisa dibilang sebagian besar character animator yang diterima di batam harus melalui proses PERBAIKAN dan COACHING dulu. Orang2x yang diterima ini adalah orang2x yang (mungkin dengan cueknya) mengirimkan hasil karya mereka tanpa takut karyanya dinilai jelek.

Dan mereka adalah orang2x yang dengan rela meluangkan waktu utk memperbaiki karya (setelah mendapat tanggapan) sampai akhirnya mencapai kualitas yang benar2x prima.

Jadi langkah utk para pelamar adalah:
  1. Kirimkan dulu saja hasil karya anda, terutama walkcycle dan runcycle. Utk yang belum pernah membuat walkcycle coba utk menyelesaikannya dalam 1 minggu.
  2. Lakukan perbaikan sesuai dengan tanggapan yang ada nantinya. Diskusi biasanya dilakukan lewat chatting di Yahoo messanger.
  3. Perbaikan bisa dilakukan berkali2x hingga mencapai hasil yang diinginkan. Kalau hasil bisa langsung bagus tentu bisa langsung diterima. Bagian inilah yang butuh stamina dan ketabahan yang tinggi.
Berikut adalah 2 karya rekan-rekan yang telah diterima di Frameworks Batam, yaitu Desky Satya dan Freddy. Contoh2x karya mereka akan memberikan gambaran mengenai karya apa yang seharusnya dibuat. Silakan click link berikut utk mendownload hasil karya mereka.

Freddy

Desky Satya

My personal Note :
Short animation karya freddy mempunyai kualitas yang sangat baik sebagai rujukan short animation.
Sedangkan walkcycle dan Runcycle karya Desky Satya bisa menjadi referensi yang sangat baik.
Setiap orang tentu mempunyai kekuatan masing2x. Jika anda bisa mendownload semuanya anda bisa mendapatkan pilihan style yang mungkin mewakili kekuatan anda masing-masing.

Animasi yang baik seperti diatas hanya bisa dihasilkan dengan referensi yang baik juga. Karena itu silakan juga download link dari 2 buku berikut:

Animator Survival Kit karya Richard Williams :

Figure in Motion karya Eadweard Muybridge :
Semua bagian diatas harus lengkap di download. Gunakan software winrar dari www.rarlab.com
Selamat berjuang ya...

Adez
 
posted by Adez at 3:19 PM | Permalink |


0 Comments: